Lingkungan Kerja dan Produktivitas

Monday 28 November 2011

Perusahaan memiliki hak atas keamanan dan jaminan akan amannya kerahasiaan perusahaan, serta ekspetasi akan produktivitas karyawan saat jam kerja. Mengawasi dan mengontrol apa yang dilakukan oleh karyawan di perusahaan menjadi salah satu cara untuk menjaga performa dan sekaligus kerahasiaan perusahaan
Employee monitoring adalah tindakan mengawasi dan memonitor tindakan karyawan selama jam kerja menggunakan peralatan dari perusahaan (Raposa& Mujtaba, 2003).
Employee Monitoring menjadi semakin penting dan dirasa dibutuhkan seiring dengan makin luasnya penggunaan teknologi dan tentu saja perkembangan internet.
Mengontrol email dan mengawasi apa saja yang diakses oleh karyawan ketika bekerja menjadi perlu untuk menjaga agar data-data tertentu tidak lepas dari perusahaan, serta pula agar manajemen manusia menjadi lebih baik dan terarah. Perusahaan merasa memiliki kepentingan untuk menjaga dan mengontrol karyawannya agar tetap produktif dan menyelesaikan pekerjaannya sekaligus menjaga kerahasiaan perusahaan.
Penggunaan internet oleh karyawan di jam kerja kantor, menurut perusahaan, tetap harus diawasi dan dikontrol, dengan cara yang sesuai dan tidak mengganggu kenyamanan kerja karyawan. Pengawasan secara reguler perlu dilakukan namun perlu sosialisasi yang baik kepada seluruh karyawan, sehingga apa yang diinginkan perusahaan bisa dipahami oleh karyawan.
Pada dasarnya sistem atau kebijakan yang dibuat oleh sebuah perusahaan dengan pertimbangan produktivitas akan jauh lebih bagus apabila dilakukan kontrol atau pengawasan yang cukup agar karyawan tidak melenceng dari pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Kepercayaan dan loyalitas memang sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan akan tetepi pengawasan yang tepat dengan melakukan pemindaian terhadap PC kantorr karyawan kadang kala diperlukan. dan memang seharusnya PC kantor diisi dengan hal yang berhubungan dengan pekerjaan, bukan hal personal pribadi sehingga kedua belah pihak mendapat 

0 comments:

Post a Comment