Ketika Jogja Macet dan Padat

Friday 13 July 2012

Tulisan singkat dan cepat.

Kota Jogja (dan Greater Jogja) itu jaringan jalannya banyak dan saling terhubung dengan mudah, tapi kebanyakan gak terlalu lebar, banyak perempatan atau lampu merah juga. 

Nah, Jogja itu kota wisata, juga kota pelajar. Namanya kota wisata, pasti banyak wisatawan. Wisatawan melonjak pas musim liburan, baik dari mancanegara maupun lokalan saja. Sayangnya ini kurang didukung dengan sistem transportasi publik massal yang baik di Jogja, IMO. Nah balik lagi, jadi pas musim liburan, Jogja jadi sangat padat dan banyak jalanan macet, pas gak musim liburan aja udah rame dan padat gara-gara banyak pelajar dan mahasiswa, apalagi pas liburan.

Pas lagi liburan gini, jalanan Jogja macetnya sungguh luar biasa. Wisatawan berwisata banyak yang menggunakan mobil pribadi dan taksi = lebih sedikit jumlah manusia per kendaraan = jumlah kendaraan melonjak drastis = jalanan macet. Pas macet gini, aura Jogja agak menguap, aura keramahan dan kenyamanan Jogja, even di jalanan raya, agak terganggu. Banyak klakson gak sabaran bersahutan di tengah macet, dan di seputaran lampu merah. It's very annoying! Bukan macetnya tapi pada gak sabarannya itu lho. Toh kan ngerasain macet juga bareng-bareng.


Oke itu masalah wajar sih, macet ketika liburan gara-gara meningkatnya jumlah manusia secara drastis di waktu bersamaan diiringi jumlah kendaraannya. Tapi aku pengen supaya kedepannya bisa diantisipasi dan dikurangi. Nambah ruas jalan? mungkin susah. Cara lain mungkin membenahi transportasi umum massal di Jogja supaya lebih efisien dan jangkauannya lebih luas, mengangkut lebih banyak, gampang ke tempat2 wisata dan hotel. *iye ngomong gampang. Sekarang ini kalo gak pake taksi atau kendaraan pribadi, agak ribet menjangkau banyak tempat-tempat tujuan wisata. Mungkin karena gak ada angkot?

visualisasi macet Jogja
Selain kota wisata, Jogja juga kota pelajar, which is, bakal selalu ada mahasiswa/pelajar yang jumlahnya dipastikan meningkat setiap taun, yang mayoritas dari mereka bakal membawa kendaraan pribadi minimal sepeda motor, yang walaupun kecil, tetep makan tempat kan, apalagi satu motor maksimal bawa 2 orang. Nah saya termasuk golongan disini, pengguna sepeda motor yang menuh-menuhin jalan Jogja :p

Menurut saya ada beberapa hal yang bisa ditarik tentang penyebab bertambahnya kemacetan Jogja, diluar memang yang disebabkan oleh kemampuan jaringan jalan Jogja loh ya.
  1. Kendaraan Pribadi. Jelas lah ya
  2. Wisatawan dan Masa Liburan. Peningkatan drastis jumlah manusia dan kendaraan dalam waktu bersamaan, memadatkan kota Jogja yang udah rame oleh pelajar Mahasiswa. Akses transportasi menurutku masih belum memudahkan wisatawan berwisata. Pilihannya kalo mau gampang ya naik taksi atau sewa motor/mobil, bis kota/transjogja mungkin kurang membantu menjangkau tempat-tempat wisata dan hotel, sementara angkot gak ada di Jogja (kalo ini ada banyak nilai plusnya sih).
  3. Pelajar/Mahasiswa. Setiap taunnya, mahasiswa dan pelajar baru dari luar kota bakal terus berdatangan, apalagi jumlah kampus di Jogja ada banyak, sementara jumlah yang lulus tiap taunnya gak sebanyak yang masuk, ditambah mereka yang sudah lulus belum tentu balik ke kota asalnya tapi menetap di Jogja.
        Mahasiswa, biasanya bakal menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor, walau ukurannya kecil, kalo jumlahnya banyak juga tetep makan ruas jalan kan. Nah ditambah sekarang, mahasiswa udah gak cuma bawa motor aja, menurutku sih jumlah mahasiswa yang pake mobil jumlahnya terus meningkat aja, mana mobil ukurannya ngabisin tempat, cuma dipake satu orang aja, kan sayang juga. Kombinasi motor+mobil mahasiswa ini jumlahnya makin bertambah aja, bikin pertambahan macet jadi tambah parah secara cepat.

Kemacetan memang sesuatu yang tidak terhindarkan seiring berkembangnya sebuah kota atau kawasan, penduduk dan waktu. Tapi alangkah menyenangkannya kalo sebelum parah-parah banget, udah diantisipasi dengan jaringan public transport yang oke. Jogja ini udah nyaman untuk bersepeda, atau jalan kaki kalo buat jarak dekat, jadi bisa ngurangin penggunaan kendaraan bermotor pribadi. Menurutku sih, cara paling efisien untuk mengantispasi masalah macet ya public mass transport, hehe.

Disclaimer: saya bukan mahasiswa apalagi ahli tata kota, lingkungan, urban, transportasi dan semacamnya. saya cuman blogger dunia maya. Penulis juga merupakan golongan manusia yang menuh-menuhin jalan dengan sepeda motor pribadi, kalo excuse saya sih, rumah saya gak kejangkau kendaraan umum apapun!.

Cheers! Selamat menikmati Jogja.

1 comments:

Dede Ariyanto said...

Salam kenal ;)... Blogmu menarik. Aku seneng banget kalo kamu bersedia baca dan komentar diblogku. Silakan klik disini

Post a Comment